Langka BBM Sudah Biasa, Langka Orang Bisa Berbahasa Indonesia itu Baru Luar Biasa!

Oleh : Riyan Hariyanto (Taruna angkatan 12 SMK Perikanan dan Kelautan Puger)

Gambar

 

Bahasa Indonesia adalah bahasa melayu yang dijadikan bahasa resmi Republik Indonesia dan Persatuan Bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi kemerdekaan Indonesia tepatnya sehari sesudahnya bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Di Timor Leste, bahasa Indonesia berstatus sebagai bahasa kerja. Dari sudut pandang linguistik, bahasa Indonesia adalah salah satu dari banyak ragam melayu. Dasar dipakai adalah bahasa Melayu Riau (Wilayah Kepulauan Riau).

          Sebagai orang Indonesia, sudah sepantasnya kita menggunakan Bahasa Indonesia dan menyadari seberapa pentingnya kita berbahasa Indonesia dengan baik. Dan kita sebagai orang Indonesia wajib hukumnya untuk bisa berbahasa Indonesia. Namun pada kenyataannya tidak ada, banyak orang Indonesia yang tidak bisa berbahasa Indonesia. Apa penyebab orang Indonesia banyak yang tidak berbahasa Indonesia? Dan mengapa orang Indonesia banyak yang tidak bisa berbahasa Indonesia?

          Penyebab orang Indonesia banyak yang tidak bisa berbahasa Indonesia, disebabkan oleh 2 faktor yaitu :

  1. Faktor Internal

Faktor Internal itu adalah faktor yang sudah ada sejak awal, atau faktor yang berada dari dalam suatu hal (manusia itu sendiri)

Contohnya : Kepribadian yang malas belajar mengakibatkan orang tersebut tidak bisa berbahasa Indonesia.

  1. Faktor Eksternal

Faktor Eksternal itu adalah faktor tambahan yang berasal dari hal-hal asing yang berada dari luar.

Contohnya : a. Keluarga

                   b. Lingkungan / tepat tinggal

                   c. Sekolah

                   d. Teman

                   e. Media massa

                   f. Artis idola

 a.Keluarga

Jika seseorang memiliki keluarga yang mempunyai bahasa adat saja dan tidak bisa berbahasa Indonesia, maka anak-anaknya tidak bisa Bahasa Indonesia, contohnya adat yang berada di Papua, di sana sangat minim orang yang bisa berbahasa Indonesia.

b.Lingkungan / tempat tinggal

Seseorang tidak bisa berbahasa Indonesia di sebabkan karena lingkungan tempat tinggal. Contohnya orang yang tinggal didekat perbatasan Indonesia – Malaysia. Orang Indonesia banyak yang tidak bisa berbahasa Indonesia tapi mereka pandai berbahasa Malaysia.

c.Sekolah

Banyak anak yang tidak bisa berbahasa Indonesia di sebabkan sekolah, karena di sekolah guru biasanya memakai bahasa campuran,seperti; Bahasa Indonesia, Jawa, Batak, dll sehingga kurang dimengerti oleh murid sehingga kemampuan berbahasa Indonesia murid sangat minim.

d.Teman

Teman merupakan pengaruh terbesar setelah media massa dikarenakan apa?. Dengan adanya teman kemampuan bahasa kita tidak bisa diatur, biasanya banyak menggunakan bahasa campuran, alay, dan bahasa asing.

e.Media Massa

Media massa merupakan pengaruh terbesar dikarenakan di media massa banyak informasi, banyak orang yang menganggap Bahasa Indonesia adalah bahasa kampungan, sehingga mereka tidak mau belajar dan mereka memilih bahasa asing karena dianggap lebih bagus. Dan disinilah permasalahannya di media massa tersedia kamus bahasa asing dari berbagai negara, jadi mereka gunakan media massa utuk belajar bahasa tersebut.

 f.Artis idola

Banyak orang menganggap artis idola adalah contoh terbaik untuk hidupnya, Maka dari itu banyak sebagian orang mengubah gaya hidupnya seperti artis tersebut dari mulai berbusana, makan, dan bahasa. Jika artis tersebut artis Korea orang tersebut biasanya akan belajar bahasa Korea dan tidak belajar Bahasa Indonesia bahkan akan melupakannya.

           Itulah faktor-faktor penyebab orang Indonesia tidak bisa berbahasa Indonesia atau sangat minimnya bisa berbahasa Indonesia. Kita sebagai orang Indonesia sangat malu jika tidak bisa Bahasa Indonesia, dikarenakan apa? Kita itu adalah orang Indonesia sudah sepantasnya kita bisa Bahasa Indonesia.

           Kita sebagai generasi muda harus mempertahankan dan melestarikan bahasa kita. Tadi telah disebutkan faktor-faktor, sekarang saya akan menyebutkan solusi-solusi agar orang bisa berbahasa Indonesia dengan baik. Diantaranya :

  1. Orang tua harus mengajarkan Bahasa Indonesia sejak kecil.
  2. Memilih sekolah yang menerapkan Bahasa Indonesia dengan baik.
  3. Memilih tempat tinggal yang memiliki lingkungan dan teman yang mendukung ilmu berbahasa Indonesia.
  4. Jangan banyak-banyak mempelajari bahasa asing, “ pelajarilah bahasa asing, jika Bahasa Indonesiamu sudah baik
  5. Kurangi berbahasa alay
  6. Kurangi mendengarkan lagu asing

Itulah solusi agar kita bisa berbahasa dengan baik, kita sebagai orang Indonesia sudah sepantasnya kita bisa berbahasa Indonesia, bukan malah melupakannya atau bahkan menghinanya. Jagalah Bahasa Indonesia dengan baik dikarenakan Bahasa Indonesia merupakan Bahasa Persatuan Indonesia.

Jangan pernah cintai bahasa asing sebelum kamu mencintai Bahasa Indonesia

Ingat, jangan sekalipun membenci Bahasa Indonesia karena itu adalah Bahasa Negeri Indonesia

Slogan-slogan diatas merupakan kata-kata agar kita selalu ingat, mencintai, menjaga, melestarikan bahasa kita yaitu Bahasa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s