Pengajaran Bahasa Komunikatif

Pendekatan komunikatif dalam pengajaran bermula dari teori yang berlandaskan bahasa sebagai komunikasi. Tujuan pengajaran bahasa ialah mengembangkan kompetensi komunikatif. Hymes (dalam Tarigan, 1991:267), menyatakan bahwa teori kompetensi komunuikatif merupakan suatu batasan apa yang perlu diketahui oleh seorang penutur atau pembicara agar dia mempunyai kompetensi secara komunikatif dalam masyarakat bahasa. Dalam pandangan Hymes, seorang insan yang memperoleh kompetensi komunikatif, sekaligus memperoleh pengetahuan dan kemampuan bagi penggunaan bahasa yang mengarah atau menaruh perhatian pada:

  1. apakah (dan sampai tingkat mana) sesuatu itu mungkin secara formal;
  2. apakah (dan sampai tingkat mana) sesuatu itu layak dalam kaitannya dengan sarana implementasi yang tersedia;
  3. apakah (dan sampai tingkat mana) sesuatu itu memadai (berhasil) dalam kaitannya pada konteks tempatnya dipakai dan dievaluasi;
  4. apakah (dan sampai tingkat mana) sesuatu itu sebenarnya dilakukan, ditampilkan secara aktual, dan apa yang dilaksanakan itu baik atau tepat.

Pada hakekatnya pengajaran bahasa komunikatif ini terlihat menarik dan dari beberapa contoh tersebut nantinya dapat diadopsi ke dalam situasi-situasi wadah para siswa harus berkesinambungan menempuh ujian-ujian yang berdasarkan tata bahasa. Aneka ragam masalah ini pasti akan menuntut perhatian dan pemecahan kalau gerakan komunikatif dalam pengajaran bahasa ingin memperoleh tempat yang layak, ingin memperoleh momentum yang baik pada masa depan (Tarigan,1991:265-266).

Daftar bacaan:

Tarigan, Henry Guntur. 1991. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s