KUMPULAN PESAN NASEHAT III

  • Hidup adlh BELAJAR. Belajar bersyukur meski tak cukup. Belajar memami meski tak sehati. Belajar ikhlas meski tak rela. Belajar bersabar meski terbebani. Belajar setia meski terpaksa. Belajar dn terus belajar dg kyakinan stegar karang. Sebab hati sperti gelombang air laut, pasang surut dn sering trbawa arus. Maka dari it, tetaplh belajar unt berada dijalan yg benar. Belajar lebih baik untuk mnjadi yg trbaik.
  • Tiap org memiliki kelebihan trsendiri. Ada yg seperti pohon mangga yg brbuah tiap musim, ada org yg slalu brprestasi. Ada pula yg sperti pohon pisang yg hanya brbuah sekali, tapi ia mampu mlahirkan pohon baru yg sebaik dirinya. Ada pula seprti pohon jati yg tidak brbuah, tpi kayunya justru lebih mahal dari sgala buah, yaitu org yg sabar dn tekun, yg kndati tdak brprestasi tapi kesabaran dn ketekunannya justru mnjadikannya pribadi yg trbaik dri yg lain. Kenalilah pohon anda dn kembangkanlah potensinya.
  • Barang siapa berjabat tangan dg perempuan yg bukan mahramnya, maka ia dimurkai Allah azza wajalla (HR. Ibnu Baabawih). Hadits ini menunjukkn bhwa prgaulan antarlawan jenis dlm Islam harus sesuai tata karma, yg itu semua unt mnjaga khormatan baik laki2 atau prempuan.
  • Air mnjadi rusak dn brpenyakit bila diam trgenang. Itulah sebabny org mghindari kubangn air yg jika mgalir akn mnjadi jernih dn brmanfaat. Itulh sebabny org mmbutuhkan sungai. Dmikian pula org yg mnganggur akn mudah rusak dn tidk dsukai sdg yyg giat bekerja akan mmbawa manfaat dn dsukai
  • Tidak brguna agama se2org it jika tdak mmbuat hatiny tunduk kpda Allah. Itulh sebabny banyak org yg pgetahuan agamanya sangat dalam dn banyak amalan sholehnya tapi tidak membawa ketenangan batin.
  • Jangan takut mati, tapi takutlah mati yg buruk (su’ul khotimah). Bagaimana cara matimu, trgantung cara hidupmu.
  • Telah ada pada pagi hari dalam stiap prsendian setiap org dari kalian sedekah, maka setiap tahmid adalh sedekah, setiap tahlil adlh sedekah, amar makruf adl sedekah, dn telah mncukupi dri semua itu adl dua rokaat dhuha. (HR. Muslim)
  • Mati su’ul khotimah adalah mati dalam keadaan tidak beriman. Misalnya saat masih meyakini bahwa dukun dapat mngetahui yg gaib, prcaya ramalan, atau saat belum yakin bahwa Islam adl satu2nya agama yg diridhoi Allah. Bisa juga mati saat brmaksiat, sperti makan makann haram, minum khamr, lari dari jihad, dsb.
  • Berterimakasihlah pd org yg telah melukai hatimu krn dia telah mmbuatmu kuat. Berterimakasihlah pd org yg telah mmbohongimu, krn dia mmbuat hidupmu bijaksana. Berterimakasihlah pd org yg telah mmbencimu krn dia tlah mngasah ketegaranmu. Berterimakasihlah pd org yg telah mncintaimu dg tulus krn itulh anugerah trindah dalam hdupmu. Namun, lebih dr itu smua brterimakasihlah pd Allah, krn Dialah yg menjadikn itu semua ada.
  • Sabar ada 3: sabar dalam mnjalankan kwajiban; sabar agr tdak trjerumus kdalam maksiat; sabar agr tidak mencaci ketentuan yg telah ditetapkan Allah padanya.
  • Rasa minder itu seringkali disebabkan karena ketidaktahuan kita akan ukuran beban yang kita tanggung. Oleh karena kebanyakan rasa minder akan hilang setelah kita mencobanya.
  • Kalau ingin menjadi org sukses, tirulah sikap orang sukses, dan bersiaplah dg resiko besar yg mereka alami. Selama kita hanya mau menghadapi resiko yg kecil, maka kita hnya akan berbuat yang kecil. Wajarlah kalau kita jadi orang kecil
  • Barang siapa rizkinya sempit, maka bertobatlah dari kemaksiatan, sebab bertaubat adalah  salah satu langkah menurunkan rizki Allah. “Dan (Dia berkata): “Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa.” (TQS. Huud: 52)
  • Barangsiapa memberi kemudahan kepada orang yang dalam kesulitan, maka Allah akan memberikannya kemudahan di dunia dan akhirat. Barangsiapamenutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutup aibnyadi dunia dan akhirat. Allah akan selalu menolong hambanya, selama hamba tersebut menolong saudaranya. (HR. Muslim)
  • Barangsiapa bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya (TQS. Ath Thalaq: 3). Tawakkal ata pasrah itu adalah bagian dari keimanan. Jadi dilakukan sejak sebelum beramal. Yakni dg yakin bahwa usahanya adalah halal, dan allah pasti akan membalasnya. Dan yakin bahwa balasan Allah yg berupa apapun pasti baik.
  • Ya, Robb, jika aku jatuh hati, jagalah hatiku agar tidak berpaling dariMu. Ya, Robb, jika aku jatuh hati, ijinkan aku menyentuh hati seseorang yg telah terpaut padaMu. Ya, Robb, jika aku jatuh cinta, jagalah agar cintaku  padanya tak melebihi cintaku padaMu.
  • Pribadi yg menetapkan target besar dalam hidupnya akan berdiri gagah menghadapi masalah dan tantangan.
  • Perasaan jgn dijadikan tolak ukur dalam menilai baik buruknya perbuatan. Ketauhilah, baik adalah apa-apa yg diridhoi Allah, dan buruk adalah apa-apa yg dimurkai Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s