KUMPULAN PESAN NASEHAT I

10 hari memasuki Ramadhan, kawan-kawan yang menjalankan ibadah puasa masih semangat, kan? Griya mendapatkan cukup banyak pesan nasehat dari para sahabat dan ustadz. Tapi daripada kotak masuk di ponsel Griya penuh, akhirnya, beberapa di antara pesan-pesan tersebut Griya pindah ke blog ini.  Ada pesan tentang ucapan selamat berpuasa, pesan tentang mohon maaf praRamadhan, ada pesan motivasi, ada hadits ‘mini’, ada tentang fiqh juga. Agak berantakan, sih, tetapi insyaallah semuanya bermanfaat. Berikut ini adalah pesan-pesan tersebut:

  1. Setiap amal kita tak seindah air terjun. Setiap tuturku tak seindah air embun. Setipa pikirku tak sesuci air wudhu. Tapi di bulan yang suci, bersih dan indah ini, aku mohon maaf atas semua khilaf. Mari sambut ramadhan dengan senyum dan penuh semangat.
  2. Ada raksasa beli pulsa, gak terasa dah mo puasa. Burung nuri hinggap di jendela, jangan lupa perbanyak pahala. Ada buaya keselek papaya, maafin semua salahku, ya…
  3. Tiada insan yang luput dari khilaf, tiada jiwa yang lepas dari dosa, putihnya salju tak seputih hati yang memaafkan, meski mata tak bertatap, tangan tak berjabat, tapi hati tetap dekat, jiwa tetap melekat. Maafkan semua salahku, teman.
  4. Jika terselip khilaf dalam canda, tergores luka dalam tawa, terbelit pilu dalam tingkah, tersinggug rasa dalam bicara, mari kita saling memaafkan. Semoga kita bisa tetap bersama dalam 1 doa, 1 jembatan, 1 tujuan dalam menuju ridho Allah.
  5. Beberapa keistimewaan pada bulan Ramadhan: 1) 10 hari pertama adalah rahmat dan nikmat; 2) 10 hari kedua adalah ampunan; 3) 10 hari ketiga adalah pembebasan dari api neraka. (alhadits)
  6. Ikan teri naik angsa, ntar lagi kita puasa. Raja ikan maen di rawa, kuatkan hati tetapkan jiwa. Tuan buaya tidur di sawah, maafin jika punya salah. Sambut ramadhan dengan penuh berkah.
  7. Tuut…tuuut…tuuuuut…tin…tin. Eits, Ramadhan datang lagi neh, marhaban ya ramadhan. Selamat berpuasa.
  8. Ayam kampong beli pizza, ya ampun, ntar lagi puasa. Makan dodol di atas dipan, belom afdol klo belum maap2n. Ada ikan lawan buaya, maapin semua salahku ya…
  9. Ke Jakarta hari Selasa, pulang pergi naek kereta, berhubung besok kita puasa, mohon maaf kalo ada salah kata.

10.  Tak ada pantun, tak ada kata bijak, seperti terurai dalam kalimat puitis di pesan para kawan. Karena ntar lagi Ramadhan, nyuwun pangapuro, nggeh…

11.  Jangan berputus asa jika terlanjur berdosa…”dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang yang bertaqwa.” (TQS. Ali Imran: 133). Bertaqwalah, laksanakan perintahNya semampumu, dan jauhilah semua laranganNya.

12.  Doanya seorang muslim pada saudaranya (sesama muslim) yang sedang tidak bersamanya pasti dikabulkan. (HR. Muslim)

13.  Ngombe es dawet nggelar kloso, yen kurang legi, yo tambahono gulo jowo!! Sedino maneh wes poso, yen aku ono salah, nyuwun ngapuro yo…

14.  Hidup ini hanya sebentar, sebentar marah sebentar ketawa. Bentar brantem bentar baikan. Bentar senang bentra susah. Eh, bentar lagi puasa…marhaban ya Ramadhan..

15.  Tips sholat khusyu’: mengerti arti bacaan sholat; tuma’ninah yaitu berhenti sejenak setiap hendak takbir; lihatlah Allah, namun jika tidak mampu, ketahuilah Allah melihatmu; ingat kesalahan dan dosa-dosamu; ingat mati dan tempat kembalimu.

16.  Langit dan bumi maha luas,  dihuni manusia yang makin buas; jika kita tidak tunduk pada Tuhan, apa beda kita dengan hewan? Jangan beda-bedakan suku karena kita berasal dari bangsa yang satu; kalau ingin menjadi mulia, adakah jalan selain taqwa pada Allah Yang Esa?

17.  Ke arab Saudi hari Selasa, pulang pergi naek onta. Besok kita puasa, mohon maaf kalo ada salah kata.

18.  3 orang yang berdosa dalam transaksi riba adalah: 1) pemberi riba; 2) penerimanya; dan 3) pencatatnya. Contohnya: saat menabung di bank, maka pemilik bank yang memberikan bunga tabungan, penabung yang menerima bunga bank, serta teller yang mencatat transaksi tabungan, semua terkena dosa riba.

19.   Perbanyaklah mengingat sesuatu yang dapat melenyapkan semua kelezatan (yakni kematian). (HR. Tirmidzi) supaya kita tidak terlalu cinta pada dunia.

20.  Sombong adalah meremehkan orang lain dan menolak kebenaran. Kaum muslimin dilarang bersikap sombong.

21.  Sholat lail (tarawih) di belakang imam secara berjamaah hingga selesai (witir) pahalanya sama seperti sholat sunnah sepanjang malam (al hadits). Jika demikian, saying jika kita sampai memutuskan sholat tarawih dg pulang mendahului jamaah, bukan?

22.  Meminta maaf itu sebaiknya tidak perlu menunggu lebaran, melainkan segera setelah berbuat salah, sebab memaafkan itu tidak harus menunggu seseorang meminta maaf.

23.  Orang yang takut kepada Allah akan ditakuti (disegani), sedangkan orang yang tidak takut pada Allah, akan diberi takut pada segala sesuatu.

24.  Berkat kegagalanmu hari ini, engakau akan sukses kelak, sebab dari kegagalan itu engkau mengambil pelajaran lalu bangkit.

25.  Rizqi berbeda dengan hak milik. Untuk mengetahui siapa pemilik rizqi dari suatu materi adalah dengan melihat siapa yang memakannya atau memanfaatkannya. Contoh: seorang ayah menerima gaji lalu digunakan untuk menafkahi anaknya, maka sesungguhnya itu adalah rizqi anak melalui jalan ayahnya.

26.  Barang siapa memiliki masalah dg orang lain dan ingin menyelesaikannya, meski bukan dia penyebabnya, awalilah dg memberi hadiah. Sesungguhnya hadiah dapat melunakkan hati.

27.  Salah satu golongan yang dilindungi Allah di akhirat kelak adalah pedagang yang jujur. Maka janganlah berbohong dalam pekerjaan kita.

28.  Barang siapa meninggalkan sholat Jumat karena meremehkannya tanpa alasan seperti sakit, musafir atau hujan lebat, maka Allah akan mengunci hatinya. (HR. Bukhori Muslim)

29.   Barang siapa bertaqwa kepada Allah, maka Allah memebrikan dia jalan keluar dan rizqi dari arah yang tidak disangka-sangka. (TQS. Ath Tholaq: 2-3)

30.  Pada saat Ramadhan, bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih disukai dari pada wangi minyak kesturi; Ikan-ikan memohonkan ampun bagi mereka sampai mereka berbuka; syetan-syetan dibelenggu; dan pintu-pintu surga dibuka.

Masih banyak pesan-pesan nasehat selain ini, jadi, tunggu lanjutannya, ya… Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s