Adab dalam Majlis

Believe it or not! Percaya gak sih…kalo ternyata untuk sekedar duduk di sebuah forum or majlis, trnyata juga diatur dalam Islam. Inilah wujud betapa perfectnya Islam sebagai agama. Aturan2 tersebut dikaji dalam ilmu fiqh. En you know wad r them? Here they are…

1)     Klo kita memasuki sebuah forum, dianjurkan untuk mengucapkan salam kepada jamaah yang lebih dulu hadir.

2)    Klo mo duduk di sebuah forum, en ternyata kita tw klo seat alias kursinya udah gag ada yg kosong, kita gag boleh nyuruh orang yg udah lebih dulu dapat seat untuk pindah tz, seenaknya kita duduk di seatnya. Weeeeh, jangan dunk yach…berikut hadistnya.

“jika salah seorang dari kalian berdiri dari duduknya (dan meninggalkannya), lalu kembali lagi, maka dia adalah orang yang berhak atasnya” (hr. Muslim)

3)     Hmmmm… ni yg kya’nya sering terjadi, tnyata klo sebuah forum dimulai, kita gag boleh “bikin forum” ndiri ma org deket kita. Ex: ngobrol, cekikikan, asyik m hp or lovely booknya, etc.

4)    Seandainya ada dua orang dalam forum yg udah duluan datang en duduk, kita gag boleh memisahkan keduanya en kita gag boleh duduk di tengah2 mereka.

Dari amr bin syuaib, dari ayahnya, dari kakeknya, bahwa rasulullah saw pernah bersabda: “ tidak diperbolehkan seseorang memisahkan dua orang (dari duduknya) melainkan dari seizin keduanya” (hr. Abu dawud dan attirmidzi)

5)    En de last one, kita dianjurkan untuk berdoa sebelum en setelah forum. Klo sebelum forum, cukup membaca hamdalah en sholawat. En penutupnya adalah dg doa akhir majlis, yaitu:

Subhannakallahumma wa bihamdika. Asyhadu an laailaahailla anta. Astaghfiruka wa atuubu ilaka.

“Maha Suci engkau ya Allah, segala puji bagimu, aku bersaksi tiada tuhan selain Engkau, aku memohon ampun kepadaMu dan segala puji bagiMu.”

3 thoughts on “Adab dalam Majlis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s